Monday, December 11, 2023

Latar Belakang Peserta Didik



Latar belakang peserta didik mencakup beragam faktor yang mempengaruhi pengalaman dan perkembangan mereka. Beberapa aspek latar belakang ini meliputi:

1. Keluarga:Sosioekonomi: Tingkat pendapatan keluarga, status sosial, dan akses terhadap sumber daya seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
Dinamika Keluarga: Struktur keluarga, peran orang tua, interaksi keluarga, serta nilai dan budaya yang ditanamkan dalam lingkungan keluarga.

2. Kondisi Sosial:Lingkungan Sekitar: Pengaruh dari lingkungan tempat tinggal, termasuk lingkungan perkotaan atau pedesaan, kondisi lingkungan fisik, dan akses terhadap layanan publik.
Pengalaman Sosial: Interaksi dengan kelompok sebaya, pengalaman sosial yang memengaruhi pandangan dunia dan perilaku.

3. Kesehatan dan Kesejahteraan:Kesehatan Fisik dan Mental: Kondisi kesehatan fisik dan mental peserta didik, serta akses terhadap layanan kesehatan yang memadai.
Gizi dan Keamanan Makanan: Akses terhadap makanan yang bergizi dan keamanan pangan.

4. Kultural dan Etnis:Latar Belakang Kultural: Nilai-nilai, keyakinan, dan tradisi budaya yang membentuk identitas individu.
Keanekaragaman Etnis: Pengalaman dalam kelompok etnis yang berbeda dan dampaknya pada persepsi dan interaksi sosial.

5. Pengalaman Pendidikan Sebelumnya:Pengalaman Belajar: Riwayat pendidikan sebelumnya, keberhasilan akademis sebelumnya, dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.

6. Kondisi Sosial-Ekonomi Sekolah:Sumber Daya Sekolah: Fasilitas, perpustakaan, teknologi, dan sumber daya lainnya yang tersedia di lingkungan sekolah.
Kondisi Pengajaran: Kualitas pengajaran, rasio guru-siswa, dan metode pengajaran yang digunakan.

Memahami latar belakang peserta didik membantu pendidik dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran, menyediakan dukungan tambahan, serta menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi setiap siswa. Dengan memperhatikan berbagai faktor ini, sekolah dapat merancang strategi pendidikan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan beragam peserta didik.

Problematika Kesiswaan dan Penanganannya

Problematika kesiswaan bisa sangat bervariasi, dan penanganannya tergantung pada sifat dan tingkat keseriusan masalah yang dihadapi. Beberapa masalah di bawah ini sebelum terjadi, maka sekolah sudah melakukan upaya pencegahan, yang dihadapi siswa dan cara penanganannya antara lain:

Bullying
Penanganan: Sekolah harus memiliki kebijakan anti-bullying yang jelas. Pendidik dapat memberikan pelatihan tentang toleransi dan empati, sementara staf sekolah harus siap untuk intervensi cepat jika kasus bullying terjadi.




Masalah Kesehatan Mental
Penanganan: Sekolah dapat menyediakan layanan konseling dan dukungan psikologis. Kampanye kesadaran tentang kesehatan mental juga penting untuk mengurangi stigma.

 Kampanye Toleransi untuk Membangun Jiwa dan Raga



Prestasi Akademis Rendah
Penanganan: Pengajaran diferensial, bimbingan belajar, atau program tutor bisa membantu siswa yang kesulitan akademis. Mengidentifikasi metode belajar yang cocok bagi setiap siswa juga penting.

Pemiliham Metode Pembelajaran yang Tepat






Masalah Kedisiplinan
Penanganan: Konsistensi dalam penerapan aturan sekolah, memberikan konsekuensi yang proporsional, serta pendekatan yang lebih dialogis dan mendukung dapat membantu memperbaiki perilaku siswa.



Konflik Antar Siswa atau Kelompok
Penanganan: Mengadopsi program mediasi atau pembelajaran tentang resolusi konflik bisa membantu siswa memahami cara mengelola konflik secara sehat.



Penggunaan Narkoba dan Penyalahgunaan Zat
Penanganan: Pendidikan preventif tentang bahaya narkoba, serta dukungan dari konselor atau program rehabilitasi jika diperlukan.
Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang
Tes Urine




Penanganan masalah-masalah ini sering memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan kolaborasi antara sekolah, siswa, keluarga, dan mungkin juga ahli terkait, seperti psikolog atau pekerja sosial.



Potensi Peserta Didik Yang Dikembangkan Sekolah

Sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi peserta didik. Potensi ini meliputi berbagai aspek, seperti:
1. Kemampuan Akademis: Sekolah membantu mengembangkan pengetahuan siswa di berbagai mata pelajaran, memperkuat keterampilan membaca, menulis, berhitung, serta pemahaman konsep-konsep yang lebih kompleks.


Maryam (SMP Muhammadiyah 1 Surabaya) Juara 1 Lomba Vlog The Invincible Memoars of Kembang Jepun


2. Keterampilan Kreatif: Melalui pendekatan pembelajaran yang beragam, sekolah dapat merangsang kreativitas siswa dalam seni, musik, sastra, dan bidang-bidang lainnya.

SMP MUHAMMADIYAH 1 - SURABAYA GREAT EXPO 2022 di Exhabition Hall Grand City Surabaya

3. Keterampilan Sosial dan Emosional: Sekolah membantu siswa memahami dan mengelola emosi mereka, belajar bekerja sama dalam tim, mengembangkan empati, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah

4. Keterampilan Kritis dan Analitis: Sekolah memberikan siswa kemampuan untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan membuat keputusan yang baik.
See Think Wonder


5. Keterampilan Teknologi: Dalam era digital, sekolah dapat membantu siswa memahami dan menggunakan teknologi secara efektif, baik untuk pembelajaran maupun untuk berbagai keperluan lainnya.


6. Keterampilan Kewirausahaan: Beberapa sekolah juga fokus pada pengembangan keterampilan kewirausahaan, seperti kemampuan berinovasi, mengelola risiko, dan memahami pasar.



7. Karakter dan Etika: Pentingnya membangun karakter yang baik dan memahami etika dalam interaksi sosial juga menjadi perhatian dalam pengembangan peserta didik.



Sekolah yang efektif berupaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang pertumbuhan potensi ini. Hal ini bisa dilakukan melalui kurikulum yang dirancang dengan baik, metode pengajaran yang inovatif, dukungan dari guru yang terlatih dengan baik, serta suasana sekolah yang mendukung dan inklusif.




Rapat Tentang Cara Pengisian Rapor Baru 2023

 

Hal : Pengisian rapot dan kts
Kepada Yth:
Guru SMP Muhammadiyah 1

Assalamu'alaikum warahmatullahi waborokatuh
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih memberikan Rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas persyarikatan dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Rasulullah SAW.
Dengan ini kami mengharap kehadirannya pada:
Hari.         : Senin
Tanggal.  : 11 Desember 2023
Pukul.     : 13.00 wib s/d selesai 
Tempat.  : Kelas 8C
Acara.     : 1. Penjelasan pengisian rapot
                  2. Persiapan kts kelas 7 dan 8
                  3. Lain - lain

Demikian undangan ini kami buat, harap maklum

Nasrun minallah
Wassalamu'alaikum

Kepala SMPM 1.              Kurikulum

Iswahyudi, S.Si      Husnur Rif'an, S.Pd