Aksi Nyata Merumuskan Pemahaman Bermakna


Merumuskan pemahaman bermakna pada materi bentuk aljabar menggunakan tusuk gigi. Bentuk Aljabar merupakan suatu bentuk matematika yang disajikan dengan memuat huruf- huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui.
Fase 1 – Stimulation
1. Peserta didik diminta mengamati permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan bentuk aljabar dalam bentuk tayangan.
2. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan
3. Peserta didik diminta untuk memperhatikan penjelasan guru mengenai materi bentuk aljabar.
Fase 2 – Problem Statement
4. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditentukan oleh guru
5. Guru meminta Peserta didik membuka LKPD yang sudah diberikan .
6. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi permasalahan kontekstual yang diberikan
Fase 3 – Data Collection (Pengumpulan Data)
7. Peserta didik mendiskusikan permasalahan kontekstual yang ada yang LKPD bersama kelompoknya.
8. Guru memberikan bimbingan pada setiap kelompok
9. Siswa mencari informasi yang diperlukan melalui berbagai sumber
Fase 4 – Data Processing (Pengolahan Data)
10. Siswa mempersiapkan point-point yang diperoleh untuk dipresentasikan
Fase 5 - Verification
11. Setiap kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara kreatif.
12. Guru membimbing jalannya diskusi dan mengarahkan peserta didik dengan baik bertanya jawab dalam diskusi
Fase 6 – Generalization
13. Peserta didik diminta untuk memberikan masukan dan kesimpulan mengenai bentuk aljabar
14. Guru memberikan komentar berupa konfirmasi jawaban (penguatan) lalu peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan konsep bentuk aljabar dengan benar .


Setelah melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Discovery learning diharapkan peserta didik memiliki sikap disiplin, bertangung jawab dan bekerja keras, serta peserta didik:
1. Dapat Mengkonsepkan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat melalui metode diskusi, dan tanya jawab
2. Dapat Menganalisis variable, koefisien, konstanta, suku pada bentuk aljabar dengan benar melalui metode diskusi, dan tanya jawab
3. Dapat Membuat bentuk aljabar dari permasalahan kontekstual dengan tepat Melalui unjuk kerja























 

No comments:

Post a Comment