Seminar di Menyiapkan Generasi Emas Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia



- kekuatan langit harus kita gunakan untuk dapat mengubah karakter siswa menjadi berakhlak mulia .
kekuatan langit adalah kelakuan kelakuan guru itu sendiri . Baik itu beribadah , bersikap dan lain lain. Hal itu bisa dimulai dari hal yg paling dasar ( sholat wajib 5 waktu dengan tepat waktu dan berjamaah ) , dll. dan apabila sudah dilakukan insyaallah gusti allah akan mengabulkan segala keinginan kita berkaitan dengan anak didik kita untuk menjadi lebih baik ( mengharap ridho dari gusti Allah ). Jika perlu melakukan suatu paksaan yg bersifat baik untuk dalam hal sikap , ibadah yg tepat waktu maka lakukan . karna sesuatu yang menjadi kebiasaan berasal dari suatu hal yang dipaksakan contoh pembljaran puasa saat kecil , pembljaran sholat saat kecil , dll


- ketersatuan antar guru , perangkat didik yang lain mengakibatkan suatu hal yang baik . dan apabila satu sama lain tidak bersatu seperti rasan rasan dll, maka tidak akan mendapatkan ridho ( dijauhi ridho Allah ) . sehingga mengakibatkan perkataan kita sering tdak didngar oleh murid


- seorang guru harus mencerminkan rasa cinta rasa sayang kepada muridnya. sepeti perasaan ortu ke anak kandungnya. oleh karena itu guru harus bersabar dan tidak boleh mengutamakan emosi saat menghadapi murid ( menggunakan kekasaran/ kekerasan ) . atau dengan kata lain harus dapat menyentuh hati anak didik ( muridnya ). boleh keras tapi harus lembut ( tegas dan tidak mengutamakan kekerasan fisik ) .


- ilmu psikologi harus dipahami oleh seorang guru , sehingga dapat lebih mudah untuk memahami karakter sikap anak muridnya dan cara untuk menanganinya.




- segala tindak perilaku kita itu semuanya saling berhubungan , baik itu pendapatan , kebiasaan , makanan dll . sehingga harus perlu dijaga hal tersbut


- contoh penanganan siswa yg nakal bisa dengan fisik cma harus dengan perasaan bercanda ( senyuman ) sehingga siswa pasti akan berpikiran bahwa dia telah berbuat salah namun masih berpikir kalau guru sayang terhadap kita ( gestur wajah kita sangat di perhatikan oleh siswa)


- disetiap sekolah pasti ada perbedaan kelas sosial ( kaya, dan miskin ). sehingga kalau ada komite disekolah harus diminta untuk mengkondisikan kelas sosial yang kaya membantu siswa yang miskin tersebut . sehingga dapat membantu permasalahan krisis mental sosial pada siswa yang terkena mental pada saat mengenyam pendidikan ( contoh . adanya perasaan perbedaan ( diskriminasi) yang timbul ( rusaknya mental anak ) akibat tidak dapat membayar wisuda , menyebab kan ortu siswa miskin hingga menghutang ke tetangga hanya demi hal tersbut )


- hal tersbut dapat di lakukan dengan cara tidak menyamakan dalam hal pembayaran spp atau uang gedung untuk kelas sosial yang kaya dan yang miskin saat menaikan setiap waktu demi memenuhi kebutuhan sekolah ( tidak mengutamakan keuntungan tpi juga mengutamakan sosialitas ) . untuk sekolah harus mendata tingkat ekonomi siswa agar bisa memetakan bantuan dalam hal dana pendidikan ke siswa .




- komite untuk membantu kelancaran pembelajaran bukan untuk membawa ksulitan pembeljaran


- pihak sekolah harus memfasilitasi keinginan siswa untuk dapat mengekspresikan diri dalam hal positif ( ekstra kurikuler yang sesuai minat ) , mungkin bisa dilakukan penataan dengan cara mendata masing masing siswa tersebut dan jangan menghentikan kegiatan siswa tersbut , jika perlu mengadakan ekstra yang belum ada demia siswa dapat lebih bahagia dan semangat dalam belajar.


- ayo diajak untuk brsinergi ( guru , siswa , komite dan keseluruhan ) agar tercipta suatu kondisi yang baik dalam pembelajaran dan tdak merusak karakter siswa.


- kepala sekolah harus berani untuk menyuarakan pendapat ke komite untuk dapat bersikap adil secara finansial dll


- untuk guru : saat jam pelajaran selesai , setiap mau keluar ruangan harus selalu memberi apresiaasi dan semngat pa…








 

No comments:

Post a Comment