Pakaian Tradisional Jepang Oleh SMP Muhammadiyah 1 Surabaya












 




Ada berbagai macam pakaian tradisonal Jepang, namun yang paling populer adalah kimono dan yukata. Sering dianggap sama, kedua pakaian tradisional Jepang ini berbeda lho. Menurut Kyotokimono-rental.com, kimono berusia lebih tua, sangat tradisional dan dibuat dari bahan berkualitas tinggi seperti sutra atau brokat.

Kimono umumnya dikenakan sepanjang tahun, dan memiliki motif berbeda sesuai dengan musim. Sementara yukata lebih kasual dan dibuat dari bahan seperti katun yang harganya relatif lebih murah. Yukata pun lebih sering dikenakan pada musim panas atau sebagai jubah mandi di pemandian air panas. Kimono dan yukata dapat dipakai oleh kaum pria dan wanita.Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang terdiri dari kanji "ki" (着) yang berarti pakai, dan "mono" (物) berarti benda atau barang.

Kimono pertama kali dikenakan oleh kalangan bangsawan sekitar tahun 794-1185 yang dalam sejarah Jepang dikenal dengan periode Heian. Seiring berjalannya waktu, pakaian ini makin populer di kalangan masyarakat, dan sering dikenakan oleh aktor kabuki saat pentas dan geisha.Di tahun 1683 sempat terjadi pelarangan pemakaian kimono, khususnya yang mencolok dan mahal. Namun, kembali mengemuka pada abad ke-19, ketika Jepang mulai membuka diri terhadap dunia modern.

No comments:

Post a Comment