Tari Tradisional Jepang Oleh SMP Muhammadiyah 1 Surabaya





Sebagai negara yang berbudaya, Jepang memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam. Salah satunya adalah kesenian tarian tradisional. Terdapat korelasi antara kesenian tarian tersebut dengan budaya Jepang. Terlebih kesenian tersebut bertujuan untuk menarik wisatawan asing agar tertarik untuk berwisata budaya ke Jepang.

Apabila melihat dari sejarah tari tradisional Jepang, terdapat cerita yang cukup panjang hingga menjadi sebuah tarian. Dengan demikian, tarian tersebut menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan seni tari di Jepang. Pasalnya, tarian dari Jepang dibentuk oleh aktivitas kehidupan masing-masing masyarakat Jepang pada saat itu, salah satunya adalah bertani.

Barulah pada abad ke-19, kebudayaan Jepang dalam kesenian tari sedikit bergeser menjadi tari modern. Namun demikian, masih mengangkat budaya khas Jepang meskipun ditunjukkan dalam bentuk tarian Jepang modern. Tarian tersebut masih mengangkat seni budaya Jepang yang memiliki karakteristik tersendiri, sesuai dengan budaya Jepang yang berkembang saat ini.

No comments:

Post a Comment